Senin, 18 Maret 2013

George Harrison, Si Pendiam yang Menyihir Dunia



The Beatles adalah nama besar di dunia musik. Salah satu band rock yang akan selalu di kenang karena sihir dari lagu – lagunya. Band yang berdiri di Liverpoll pada tahun 1960, dengan The Caven Club segai pembuka jalan untuk mereka menguasai dunia. Nama band ini tidak bisa di lepaskan dari dua orang pionirnya yaitu John Lennon dan Paul McCartney, tapi banyak orang yang melupakan siapa sebenarnya "roh" dari band ini, pemain gitar yang mempelajari chord – chord baru pada masa itu hingga ke jerman yaitu George Harris

Lahir di Liverpool pada tanggal 25 Februari 1943. Dari keluarga yang sederhana bersama 2 kakak laki-laki dan 1 kakak perempuan. Seperti kebanyakan remaja lainnya ketika itu, George remaja menyukai rock n roll dan musik skiffle. Pada usia 14 tahun, ia membeli gitar pertamanya yang berharga £3. Bertemu dengan Paul McCartney dan membuat band bernama The Rebels yang tidak berumur panjang. Karena kemampuannya bermain gitar Paul mengajaknya membuat band dengan nama The Quarrymen, band ini pula yg memperkenalkanya denga John dan inilah awal dari terbentuknya The Beatles.

George Harrison, The Quite Beatles


George Harrison dan Karya Terbaiknya


Pria berjuluk The Quiet Beatle juga menghasilkan karya – karya yang menjadi hits. George pernah menyumbangkan lagunya yang kemudia menjadi hit populer seperti Dont Bother Me. Lagu-lagu terkenal lain yang diciptakan George adalah Taxman, While My Guitar Gently Weeps, Here Come The Sun dan Something. Tak tanggung-tanggung, lagu Something dianggap Frank Sinatra sebagail lagu cinta terbaik dalam 50 tahun terakhir. Begitu pula dengan tembang Here Come The Sun yang sangat identik dengan nama besar The Beatles. Album solo George, ALL THINGS MUST PASS juga tercatat sebagai album yang berkualitas.

Seiring dengan persetuaraan antara lennon dan mccartney yang menyebabkan bubarnya beatles, harrisin meneruskan karirnya bermusiknya dengan mengeluarkan beberapa album solo dengan "All those Years Ago" sebagai persembahan untuk sahabnya John Lennon yang melibatkan para anggota The Beatles yang lainya.


Pada tahun 1990-an, sebagai akibat dari kebiasaan merokoknya selama puluhan tahun, Harrison didiagnosa kanker tenggorokan. Penyakit ini berkembang menjadi kanker paru – paru, yang kemudian menjadi penyebab kematiannya pada tahun 2001. Keluarganya menerbitkan kalimat terakhir yang diucapkannya: "Segala sesuatunya dapat menunggu, namun dalam mencari Tuhan, tidak bisa menunggu dan juga cintailah sesama."


Here come the sun, masterpiece from George Harrison



Tidak ada komentar:

Posting Komentar